Sabtu, 26 Mei 2012

LS dan UP


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Model pencairan dana bagi sebuah satker ada 2 jenis, yaitu melalui model uang persediaan dan model langsung (LS) melalui KPPN. Melalui 2 model ini diharapkan pencairan dana menjadi lebih lancar, dan setiap Satker diharapkan mengoptimalkan pengeluaran-pengeluaran yang akan dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan uang persediaan dan LS.
Strategi perencanaan pengeluaran menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat hanya ada dua model pencairan dana. Pengeluaran-pengeluaran sejak awal harus disusun dan direncanakan akan menggunakan uang persediaan atau LS mengingat kedua model pencairan ini mempunyai aturan-aturan tertentu yang bisa menjadi penentu kelancaran atau malah sebaliknya ketika kita tidak memahami mekanisme pencairan kedua model ini.

















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Uang Persediaan dan Tambahan Uang Persediaan
Uang persediaan (UP) adalah istilah baru yang muncul dalam Permendagri No.13/2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. UP merupakan uang kas yang ada di tangan bendahara pengeluaran, dengan karakteristik sebagai berikut:
1.       Hanya diberikan sekali dalam satu tahun anggaran;
2.       Diberikan pada awal tahun anggaran;
3.       Merupakan jumlah maksimal (pagu) uang yang dipegang oleh bendahara pengeluaran;
4.       Untuk digunakan dalam melaksanakan pembayaran kegiatan-kegiatan yang bersifat swakelola;
5.       Bersifat revolving (adanya pengisian kembali jika telah terpakai); dan
6.       Besarannya tergantung pada “kebijakan daerah” (biasanya dinyatakan dalam Surat Keputusan Kepala Daerah).
UP dalam Permendagri No.13/2006
Pasal 1 angka 66 Permendagri No.13/2006 menyatakan bahwa “SPP Uang Persediaan (SPP-UP) adalah dokumen yang diajukan oleh bendahara pengeluaran untuk permintaan uang muka kerja yang bersifat pengisian kembali (revolving) yang tidak dapat dilakukan dengan pembayaran langsung.
Uang Persediaan merupakan uang muka kerja SKPD yang bersifat revolving. Definisi ini merupakan implikasi dari dipilihnya sistem UYHD, sebuah sistem yang mengadopsi sistem Imprest Fund dalam pengelolaan kas kecil. Dengan sistem tersebut, bendahara sebagai pengelola kas diberikan uang muka kerja pada besaran tertentu, untuk kemudian dipakai untuk membiayai kegiatan SKPD, dan jika jumlah telah berkurang sampai batas tertentu dapat dimintakan penggantian sehingga jumlah uang akan kembali pada nilai semula.
DOKUMEN
Mekanisme uang persediaan menggunakan dokumen sebagai berikut:
·         DPA SKPD sebagai dasar  perhitungan
·         Per KDH yang menetapkan besaran UP untuk setiap SKPD
·         SPP UP
·         SPM
·         SP2D

ISU LAPANGAN
1.    Beberapa kesulitan yang muncul diawali dengan kebingungan tentang bagaimana menghitung besaran UP per SKPD. Pada dasarnya tidak ada pengaturan yang spesifik tentang hal tersebut. Secara logis, perhitungan besaran UP diawali dengan mengidentifikasi item2 dalam DPA yang akan dilaksanakan dengan cara LS. Berarti sisanya direncanakan akan dibiayai dengan menggunakan mekanisme uang persediaan. Kemudian, dilakukan proyeksi berapa kali bendahara yang bersangkutan akan melakukan SPJ. Jika 12 kali, maka jumlah tadi dibagi 12. Jika 20 kali, maka dibagi 20.
2.    Bagi Kas Daerah, UP merupakan pengeluran. Bagi SKPD, merupakan penerimaan. Namun dalam sudut pandang Pemda, UP hanya merupakan reklasifikasi kas semata. Jadi, dokumen penatausahaan TIDAK perlu mencantumkan kode rekening belanja yang menandakan adanya pembebanan belanja APBD.
3.    Penggantian UP yang telah digunakan menggunakan GU. Penggantian tersebut tidak dipicu berdasarkan waktu, tetapi dipicu berdasarkan kondisi (jumlah) keberadaan UP itu sendiri. Dengan demikian permintaan GU tidak harus menunggu sebulan atau periode waktu tertentu, namun tergantung pada kebutuhan.
Kepada setiap satuan kerja dapat diberikan Uang Persediaan. Untuk mengelola uang persediaan bagi satuan kerja di lingkungan kementrian Negara/lembaga, sebelum diberlakukannya  ketentuan  dan  atau  dilakukannya  pengangkatan  pejabat  fungsional Bendahara,  Menteri/Pimpinan  lembaga  pengeluaran  pada  kementrian/lembaga  atau satuan kerja yang dipimpinnya. Untuk membantu pengelolaan uang persediaan pada kantor / satuan kerja dilingkungan kementrian/lembaga, apabila diperlukan kepala satuan kerja dapat menunjuk pemegang uang muka.
Dalam pelaksanaan tugasnya pemegang uang muka bertanggung jawab kepada bendahara pengeluaran. Bendahara pengeluaran dapat membagi uang persediaan kepada beberapa PUM. Apabila diantara PUM telah merealisasikan penggunaan UPnya sekurang-kurangnya 75% Kuasa PA/pejabat yang ditunjuk dapat mengajukan SPM-GUP bagiPUM berkenaan tanpa menunggu realisasi PUM lain yan belum mencapai 75%. Mengenai prosedur uang persediaan diatur sebagai berikut:
1        PA/kuasa  PA  menerbitkan  SPMUP  berdasarkan  DIPA  atas  permintaan Bendahara pengeluaran yang dibebankan pada MAK transito kode kegiatan untuk rupiah  murni 0000.0000.825111, pinjaman  luar negeri 9999.9999.825112, dan PNBP 0000. 0000. 825113.
2        Berdasarkan  SPMUP,  KPPN  menerbitkan  SP2D  untuk  rekening  Bendahara Pengeluaran yangditunjuk dalam SPM-UP.
3        Penggunaan Uang Persediaan  menjadi  tanggungjawab  Bendahara pengeluaran.
4        Bendahara P engeluaran  melakukan  pengisisan  kembali  Uang  Persediaan setelah Uang Persediaan digunakan (revolving ) sepanjang masih tersedia pagu dana dalam DIPA.
5        Bagi Bendahara Pengeluaran yang dibantu oleh beberapa PUM, dalam pengajuan SPM-UP diwajibkan melampirkan daftar rincian yang menyatakan jumlah uang yang dikelola oleh masing-masing PUM.
6        Sisa uang persediaan yang ada di Bendahara Pengeluaran pada akhir tahunanggaran harus disetorkan kembali ke rekening kas Negara selambat-lambatnyatanggal 31 Desember tahun anggaran berkenaan. Setoran sisa uang persediaandimaksud, oleh KPPN dibukukan sebagai pengembalian uang persediaan sesuaimata anggaran yang ditetapkan.
7        Uang persediaan dapat diberikan dalam batas-batas sebagai berikut :
a.          Uang persediaan dapat diberikan untuk pengeluaran-pengeluaran belanja barang pada klasifikasi belanja 5211, 5212, 5221, 5231, 5241, dan 5811.
b.         Diluar ketentuan butir a, dapat diberikan pengecualian untuk DIPA pusat oleh Dirjen Perbendaharaan dan untuk DIPA pusat yang kegiatannya berlokasi didaerah serta DIPA yang ditetapkan oleh kepala Kanwil DJPBN oleh Kepala Kanwil DJPBN setempat.
c.          UP dapat diberikan setinggi-tingginya :
1)     1/12 (satu per dua belas) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp 50 juta untuk pagu sampai dengan Rp 900 juta.
2)     1/18 (satu per delapan belas) dari pagu DIPA menurut kualifikasi belanja yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp 100 juta untuk pagu diatas Rp 900 juta sampai dengan Rp 2.400 juta atau Rp 2,4 miliar.
3)     1/24 (satu per dua puluh empat) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp 200 juta untuk pagu diatas RP 2,4 miliar.
d.          Perubahan besaran UP diluar sebagaimana dimaksud butir c ditetapkan  oleh Dirjen Perbendaharaan.
e.          Pengisian kembali UP sebagaimana dimaksud butir c dapat diberikan apabila UPtelah dipergunakan sekurang-kurangnya 75% dari dana UP yang diterima.
f.           Dalam hal penggunaan UP belum mencapai 75%, sedangkan satker/SKS ybsmemerlukan pendanaan melebihi sisa dana yang tersedia, satker/SKS dimaksuddapat mengajukan TUP.
g.          Pemberian TUP diatur sebagai berikut:
1)       Kepala KPPN dapat memberikan TUP sampai dengan jumlah RP 200 juta untuk klarifikasi belanja yang diperbolehkan  diberi UP  bagi instansi dalam wilayah pembayaran KPPN bersangkutan.
2)       Permintaan TUP diatas Rp 200 juta untk klarifikasi belanja yang diperbolehkan  diberi  UP  harus  mendapat  dispensasi  dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan.
8        Syarat untuk mengajukan Tambahan UP :
a.       Untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak/tidak dapat tidak ditunda;
b.       Digunakan paling lama satu bulan sejak tanggal SP2D diterbitkan.
c.       Apabila tidak habis digunakan dalam satu bulan sisa dana yang ada pada bendahara, harus disetor ke Rekening kas Negara;
d.       Apabila ketentuan pada butir c tidak dipenuhi kepada satker yang bersangkutan tidak dapat lagi diberikan TUP sepanjang sisa tahun anggaran berkenaan.
e.       Pengecualian terhadap butir diputuskan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan atas usul Kepala KPPN.
9        Dalam  mengajukan  permintaan  TUP  bendahara  pengeluaran  wajib menyampaikan :
a.     Rincian Rencana Penggunaan Dana untuk kebutuhan mendesak dan riil serta rincian sisa dana MAK yang dimintakan TUP.
b.     Rekening Koran yang menunjukkan saldo terakhir.
c.     Surat  Pernyataan  bahwa  kegiatan  yang  dibiayai  tersebut  tidak  dapat dilaksanakan/dibayar melalui penerbitan SPM-LS.
10    SPM-UP/Tambahan UP diterbitkan dengan menggunakan kode kegiatan untuk rupiah murni 0000.0000.825111, pinjaman luar negeri 9999.9999.825112, dan PNBP 0000.0000.825113.
11    Penggantian UP, diajukan ke KPPN dengan SPM-GUP dengan SPM-GUP,dilampiri SPTB, dan fotokopi Surat Setoran Pajak (SSP) yang dilegalisir oleh Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat yang ditunjuk,  untuk  transaksi  yang  menurut ketentuan harus dipungut PPN dan PPh.
12    Pembayaran yang dapat dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran kepada satu rekanan tidak boleh melebihi Rp 10 juta kecuali untuk pembayaran honor.
Model pembayaran dengan LS
Mekanisme pembayaran langsung (LS), yaitu mekanisme pembayaran dari Bendahara Umum Negara (KPPN)/Negara kepada rekanan atau pihak ketiga. Mekanisme pembayaran LS tidak hanya untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem kontrak saja, tetapi dapat dikembangkan untuk pembayaran langsung kepada pihak ketiga/rekanan tanpa melalui ikatan pekerjaan dengan sistem kontrak, seperti pembayaran honor atau untuk pengadaan barang dan jasa sampai dengan Rp 50 juta sesuai dengan keppres 80 tahun 2003 yang mengatur mekanisme tata cara pengadaan barang/jasa pemerintah.
Mekanisme pembayaran LS  merupakan mekanisme pembayaran yang utama di mana dalam rangka pencairan APBN, seharusnya lebih menekankan pada prinsip-prinsip pembayaran LS  ketimbang menggunakan mekanisme UP. Keuntungan yang dapat kita peroleh yaitu terjaminnya dilakukan pembayaran dalam rangka APBN oleh Negara kepada pihak  ketiga/rekanan selaku penyedia barang/jasa pemerintah. Dan optimalnya penggunaan uang Negara. karena dapat mengurangi idle cash money pada bendahara pengeluaran, sehingga dapat digunakan secara optimal oleh BUN dalam rangka manajemen kas.
Mekanisme Pembayaran UP
Uang persediaan merupakan uang muka kerja dengan jumlah tertentu yang bersifat daur ulang (revolving), diberikan kepada bendahara pengeluaran hanya untuk membiayai kegiatan operasional kantor sehari-hari yang tidak dapat dilakukan dengan pembayaran langsung. Terminologi uang persediaan tersebut telah melewati beberapa kali perubahan nama dan besaran jumlah. Sejak diperkenalkan pertama kali dengan nama Uang Untuk DiPertanggungjawabkan (UUDP), kemudian mengalami perubahan menjadi Uang Yang Harus Dipertanggungjawabkan (UYHD) pada tahun 1990, dan terakhir pada tahun 2005 menjadi Uang Persediaan (UP) yang dikenal sekarang ini.
Uang persediaan yang diberikan kepada bendahara pengeluaran merupakan uang muka kerja dari Bendahara Umum Negara (BUN) atau Kuasa BUN yang belum membebani anggaran (Transito) yang harus dipertanggungjawabkan.
a. Kondisi Sekarang
Saat ini, UP diberikan kepada bendahara pengeluaran oleh BUN/Kuasa BUN untuk membiayai kegiatan operasional kantor sehari-hari perkantoran (kelompok akun 52 dan 58) dan biaya administrasi kegiatan pada kelompok belanja modal (kelompok akun 53) yang tidak dapat dilakukan dengan pembayaran langsung.
UP dapat diberikan setinggi-tingginya :
  1. 1/12 (satu per duabelas) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp. 50.000.000,- untuk pagu sampai dengan Rp. 900.000.000,- ;
  2. 1/18 (satu per delapanbelas) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp.100.000.000,- untuk pagu diatas Rp. 900.000.000,- sampai dengan     Rp. 2.400.000.000,- ;
  3. 1/24 (satu per dua puluh empat) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp.200.000.000,- untuk pagu diatas Rp. 2.400.000.000,- ;
Pembayaran yang dapat dilakukan oleh bendahara pengeluaran kepada satu rekanan/pihak ketiga tidak boleh melebihi Rp 10 juta kecuali untuk pembayaran honor dan perjalanan dinas.
Ketentuan yang mengatur Kelompok akun yang dapat dibayarkan dengan UP, besaran UP yang diberikan kepada bendahara pengeluaran dan batasan pembayaran dengan UP  di luar ketentuan tersebut di atas ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan.
UP yang dikelola bendahara pengeluaran dilakukan pengisian kembali oleh BUN/Kuasa BUN apabila dana UP telah dipergunakan sekurang-kurangnya 75% dari dana UP yang diterima dan diajukan pertanggungjawabannya oleh satker kepada Kuasa BUN dengan SPM GU.
Dalam hal satker membutuhkan pendanaan melebihi sisa dana UP yang dikelola, satker dapat mengajukan permintaan Tambahan UP kepada BUN/Kuasa BUN.
Kenyataan yang terjadi saat ini adalah :
  • Masih banyak satker yang mengajukan tambahan UP dengan angka yang signifikan untuk membiayai kegiatan ”operasional” kantor sehari-hari mencapai angka milyaran rupiah. Pada pelaksaannya terdapat pembayaran untuk fotocopi dan bahan untuk berbagai kegiatan dengan nilai kurang dari Rp 10 juta, akan tetapi bila dikumulatifkan mencapai nilai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.
  • Masih terdapat satker yang mengajukan dispensasi penggunaan UP untuk melakukan pembayaran melebihi nilai Rp 10 juta, contoh satker A yang mengajukan dispensasi ke Kantor Pusat (TA 2009) untuk melakukan pembayaran bahan bakar untuk kegiatan pelatihan yang melebihi UP Rp 10 juta. Pada pelaksanaannya dispensasi tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran bahan bakar dengan nilai milyaran rupiah.
Bendahara pengeluaran lebih senang melakukan pembayaran melalui mekanisme UP dengan berbagai alasan tertentu, dibandingkan melalui mekanisme pembayaran LS. Padahal prinsip pembayaran utama adalah, seyogyanya mekanisme pembayaran dalam rangka APBN menggunakan mekanisme pembayaran LS.
Kondisi yang terjadi selama ini seperti diuraikan di atas, dapat meningkatkan idle cash money pada bendahara pengeluaran yang bertolak belakang dengan prinsip-prinsip manajemen kas, dan memperpanjang rantai proses pembayaran kepada pihak ketiga/rekanan karena harus melalui bendahara pengeluaran terlebih dahulu, mengajukan dispensasi TUP, sehingga memerlukan waktu yang cukup relatif lama.

Mekanisme pembayaran UP sebagai salah satu mekanisme pembayaran APBN masih tetap dibutuhkan. Penggunaan istilah penggunaan UP untuk kegiatan operasional sehari-hari perkantoran tidak lagi digunakan, mengingat dalam pengelompokaan akun sekarang terdapat belanja operasional dan non operasional yang dapat dilaksanakan dengan UP. Penggunaan UP dibatasi hanya untuk pengeluaran yang kecil dengan batasan tertentu yang memang sulit bila dilakukan dengan mekanisme pembayaran LS.
Kebiasaan bendahara pengeluaran menggunakan mekanisme pembayaran UP dalam melakukan pembayaran pengeluaran APBN dapat dikurangi dengan memberikan kemudahan persyaratan pembayaran dan pencairan dana melalui mekanisme LS.
Mekanisme pembayaran LS merupakan mekanisme pembayaran utama dalam rangka penyaluran APBN. Mekanisme pembayaran ini dapat dikategorikan menjadi 3 bagian ;
  1. Pembayaran LS dengan melakukan ikatan perjanjian berbentuk Surat Perintah Kerja/SPK (nilai pengadaan mulai Rp 5 jt s.d 50 Juta) dan kontrak (nilai pengadaan di atas Rp 50 Juta) sesuai mekanisme pengadaan barang/jasa sebagaimana diatur dalam Keppres 80 tahun 2003.
  2. Pembayaran LS seperti pembayaran belanja pegawai (kelompok akun 51).
  3. Pembayaran LS dalam rangka pengadaan barang/jasa yang dilakukan tanpa adanya ikatan perjanjian berbentuk SPK dan kontrak dengan nilai pengadaan kurang dari Rp 5 juta, pembayaran Honor, dan biaya perjalanan.
Pembayaran menggunakan mekanisme LS pada bagian 1 dilampiri dengan kontrak, berita acara pembayaran, berita acara serah terima barang, kuitansi. Pembayaran menggunakan mekanisme pada bagian 2 melampirkan SK dan daftar pembayaran. Pembayaran pada bagian 3 untuk pembayaran pengadaan dengan nilai kurang Rp 5 juta cukup melampirkan kuitansi, sedangkan untuk pembayaran honor dan biaya perjaldin dengan SK, surat tugas dan daftar pembayaran.
Pengajuan pencairan dana kepada kuasa BUN (KPPN) dapat dipertimbangkan agar cukup melampirkan SPM-LS, SKTJM (surat keterangan tanggung jawab mutlak), SPTB, dan dilampiri daftar rekening penyedia jasa/rekanan/pihak ketiga/pegawai.
Pembayaran menggunakan mekanisme LS pada bagian 1 dan 3 di atas tidak dibatasi pada prinsip 1 SPM, 1 rekanan tetapi 1 SPM dimungkinkan untuk beberapa rekanan/pihak ketiga dengan menggunakan daftar rekening pihak ketiga terlampir. 




b. Identifikasi Mekanisme Pembayaran Sejak Awal
Dalam penyusunan DIPA, satker diwajibkan menyusun rencana penarikabn  dana pada halaman III. Satker diwajibkan  mengelompokkan pengeluaran-pengeluaran negara ke dalam 2 kelompok; 1) pembayaran yang dilakukan dengan kontraktual sebagaimana diatur dalam keppres 80 tahun 2003 dan 2) pembayaran yang dilakukan non kontraktual. Satker juga seharusnya diwajibkan menentukan mekanisme pembayaran dengan UP atau LS dengan menginventarisir kelompok-kelompok pengeluaran.
Contoh ;
  • untuk belanja pegawai diwajibkan dengan mekanisme LS;
  • untuk pembayaran honor dan perjalanan dinas yang sudah diyakini besaran dan penerimanya diwajibkan menggunakan mekanisme LS;
  • pengadaan barang/jasa berbentuk fisik dengan nilai di atas 5 juta diwajibkan menggunakan mekanisme LS.
Untuk menghasilkan rencana penarikan dana diawali dari penyusunan jadwal pelaksanaan kegiatan dan tentunya melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa melalui mekanisme pengadaan barang/jasa sebagaimana diatur dalam Keppres 80 tahun 2003.
Efektifitas penyusunan rencana penarikan dana akan menghasilkan besaran pengeluaran APBN yang dapat dilakukan dengan mekanisme UP dan LS.
2.2 PROSEDUR PENCAIRAN DANA
Prosedur pencairan dana pada suatu satker ada dua jenis, yaItu melalui mekanisme uang persediaan (UP) dan mekanisme dengan pembayaran Langsung (LS). Uang persediaan dapat diberikan untuk belanja barang pada klasifikasi belanja 5211, 5212, 5221, 5231, 5241, dan 5811. Besarnya UP yang dapat diberikan tergantung dari jumlah belanja yang dapat dimintakan UP. Bendahara Pegeluaran melakukan pengisian kembali Uang Persediaan setelah Uang Persediaan digunakan (revolving) sepanjang masih tersedia pagu dalam DIPA. Pengisian kembali UP dapat diberikan apabila UP telah dipergunakan sekurang-kurang 75% dari dana UP yang diterima.
Bendahara mengajukan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) untuk penerbitan SPM dibuat dengan menggunakan format lampiran 1 Perdirjen No. 66/PB/2005 dan kelengkapan persyaratannya diatur sebagai berikut:
1.      SPP-UP (Uang Persediaan)
Surat Pernyataan dari Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat yang ditunjuk, menyatakan bahwa Uang Persediaan tersebut tidak untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran yang menurut ketentuan harus dengan LS.

2.      SPP-TUP (Tambahan Uang Persediaan)
a.       Rincian rencana penggunaan dana Tambahan Uang Persediaan dari Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat yang ditunjuk.
b.       Surat Pernyataan dari Kuasa Pengguna Anggaran, atau pejabat yang ditunjuk bahwa:
1)        Dana Tambahan UP tersebut akan digunakan untuk keperluan mendesak dan akan habis digunakan dalam waktu satu bulan terhitung sejak tanggal diterbitkan SP2D;
2)         Apabila terdapat sisa dana TUP, harus disetorkan ke Rekening Kas Negara;
3)        Tidak untuk membiayai pengeluaran yang seharusnya dibayarkan secara langsung.
c.       Rekening Koran yang menunjukkan saldo terakhir.

3.      SPP-GUP (Penggantian Uang Persediaan)
a.       Kuitansi/tanda bukti pembayaran;
b.       Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak;
c.       Surat Setoran Pajak (SSP) yang telah dilegalisir oleh Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat yang ditunjuk.
4.      Pengadaan Tanah
Pembayaran pengadaan tanah untuk kepentingan umum dilaksanakan melalui mekanisme pembayaran langsung (LS), kecauli tidak mungkin dilaksanakan melalui mekanisme  LS, maka  dapat  dilakukan  melalui UP/TUP.  Jika  menggunakan LS persyaratan yang harus Pengaturan mekanisme pembayaran adalah sebagai berikut:
a.       Persetujuan Panitia Pengadaan Tanah untuk tanah yang luasnya lebih dari satu hektar di kabupaten/kota;
b.       Fotokopi bukti kepemilikan tanah;
c.       Kuitansi;
d.       SPPT PBB tahun transaksi;
e.       Surat persetujuan harga;
f.        Pernyataan dari penjual bahwa tanah tersebut tidak dalam sengketa dan tidak sedang dalam anggunan;
g.       Pelepasan/penyerahan hak atas tanah/akta jual beli di hadapan PPAT;
h.       SSP PPH final atas pelepasan hak;
i.         Surat pelepasan hak adat (bila diperlukan).
UP/TUP
a.       Pengadaan  tanah  yang  luasnya kurang  dari satu  hektar  dilengkapi  persyaratan  daftar       nominative pemilik tanah yang ditandatangani oleh kuasa PA.
b.       Pengadaan tanah yang luasnya lebih dari satu hektar dilakukandengan bantuan panitia pengadaan tanah di kabupaten/kota setempat dan dilengkapi dengan daftar nominative pemilih tanah dan beasaran harga tanah yang ditandatangani oleh kuasa  PA  dan  diketahui  oleh Panitia Pengadaan Tanah (PPT).
c.       Pengadaan tanah yang pembayarannya dilaksanakan melalui UP/TUP harus terlebih dahulu mendapat ijin dispensasi dari kantor pusat DitjenPBN/Kanwil Ditjen PBN  sedangkan  besaran uangnya harus mendapat dispensasi UP/TUP sesuai ketentuan yang berlaku.

5.      LS untuk pembayaran gaji, lembur dan honor/vakasi
a.       Pembayaran Gaji Induk/susulan gaji/kekurangan gaji/gaji terusan/uang duka wafat dilengkapi dengan Daftar Gaji Induk/susulan gaji/ ekutrangan gaji/gaji terusan/uang duka wafat, SK CPNS, SK naik pangkat, SK jabatan, KGB, SuratPernyataan Pelantikan, Surat Pernyataan Masih Menduduki Jabatan,  SuratPernyataan Pelaksanaan Tugas, Daftar Keluarga (KP4), kopi Surat Nikah, kopi Akte Kelahiran, Surat Keterangan Penghentian Pembayaran, Daftar potongan Sewa Rumah Dinas, Surat Keterangan Masih Sekolah/Kuliah, Surat Pindah, Surat Kematian, SSP PPh pasal 21. Kelengkapan tersebut harus sesuai peruntukannya.
b.       Pembayaran lembur dilengkapi dengan Daftar Pembayaran Perhitungan Lembur yang sudah ditandatangani oleh Kuasa PA/Pejabat yang ditunjuk dan Bendahara Pengeluaran Satker/SKS ybs, surat perintah kerja lembur, daftar hadir kerja, daftar kerja lembur dan SSP PPh pasal 21.
c.       Pembayaran Honor/vakasi dilengkapi dengan SK tentang pemberian honor vakasi, daftar pembayaran perhitungan honor/vakasi yang ditandatangani oleh kuasa PA/Pejabat yang ditunjuk dan Bendahara Pengeluaran ybs dan SSP PPh pasal 21.
6.      LS non Belanja Pegawai :
a.       Pembayaran Pengadaan barang dan jasa :
1)     Kontrak/SPK yang mencantmkan nomor rekening rekanan;
2)     Surat pernyataan kuasa PA mengenai penetapan rekanan;
3)     Berita acara penyelesaian pekerjaan;
4)     Berita acara serah terima pekerjaan;
5)     Berita acara pembayaran;
6)     Kuitansi yang disetujui oleh kuasa PA atau pejabat yang ditunjuk;
7)     Faktur pajak beserta SSP yang telah ditandatangani WP;
8)     Jaminan bank atau yang dipersamakan yang dikeluarkan Bank atau lembaga keuangan non bank.
9)     Dokumen  lain  yang  dipersyaratkan  untuk  kontrak-kontrak yang dananya sebagian atau seluruhnya bersumber daripinjaman/hibah luar negeri;
10) Ringkasan kontrak untuk rupiah murni dan untuk PHLN Berita Acara pada butir 3), 4) dan 5) dibuat sekurang-kurangnya dalam rangkap 5 dan disampaikan kepada :
a)      Asli dan satu tembusan untuk penerbit SPM;
b)     Masig-masing satu tembusan untuk para pihak yang membuat kontrak
c)      Satu tembusan untuk pejabat pelaksana pemeriksaan pekerjaan



b.       Pembayaran Biaya Langganan Daya dan Jasa (Listrik, Telepon dan Air) :
1)   Bukti tagihan daya dan jasa;
2)   No. rekening pihak ketiga (PLN, Telkom,PDAM,dll).Dalam hal pembayaran langganan daya dan jasa belum dapat dilakukan secara langsung, satker/SKS ybs dapat melakukan pembayaran dengan UP.Tunggakan langganan daya dan jasa tahun anggaran sebelumnya dapat dibayarkan oleh satker/SKS setelah mendapat dispensasi/persetujuan terlebih dahulu dari Kanwil Ditjen PBN sepanjang dananya tersedia dalam DIPA berkenaan.
c.       Pembayaran Belanja Pejalanan Dinas Pembayaran biaya perjalanan dinas harus dilengkapi dengan daftar nominatif pejabat yang akan melakukan perjalanan dinas, yang berisi antara lain:
a)   Informasi mengenai data pejabat (Nama, pangkat/Golongan),
b)   tujuan,
c)   tanggal keberangkatan,
d)   lama perjalanan dinas, dan
e)   biaya yang diperlukan untuk masing-masing pejabat.
Daftar normatif tersebut harus ditandatangani oleh pejabat yang berwenang memerintahkan perjalanan dinas, dan disahkan oleh pejabat yang berwenang di KPPN. Pembayaran dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran Satker/SKS ybs kepada para pejabat yang akan melakukan perjalanan dinas.
7.      SPP untuk PNBP
a.          UP/TUP untk PNBP diajukan terpisah dari UP/TUP lainnya.
b.         UP dapat diberikan kepada Satker pengguna sebesar 20% dari pagu dana PNBP pada DIPA maksimal sebesar Rp 500 juta, dengan melampirkan Daftar Realisasi Pendapatan dan Penggunaan Dana  DIPA (PNBP) tahun anggaran  sebelumnya.  Apabila UP tidak  mencukupi  dapat  mengajukan     TUP  debesar  kebutuhan  riil  satu  bulan  dengan memperhatikan maksimum pencairan (MP).
c.          Dana yang berasal dari PNBP dapat dicairkan maksimum sesuai formula sebagai berikut : MP = (PPP x JS) = JPS;
d.         MP = Maksimum Pencairan Dana;
e.          PPP = Proporsi Pagu Pengeluran terhadap Pendapatan;
f.           JS = Jumlah setoran;
g.          JPS = Jumlah pencairan dana sebelumnya sampai dengan SPM terakhir yang diterbitkan.
h.         Dalam pengajuan SPM-TUP/GUP/LS PNBP ke KPPN, Satker pengguna harus melampirkan Daftar perhitungan Jumlah MP;
i.           Untuk satker pengguna yang setorannya dilakukan secara terpusat, pencairan dana diatur secara khusus dengan surat edaran Dirjen PBN tanpa melampirkanSSBP;
j.           Untuk satker pengguna yang menyetorkan pada masing-masing unit (tidak terpusat), pencairan dana harus melampirkan bukti setoran (SSBP) yang telah dikonfirmasi olah KPPN;
k.         Besaran PPP untuk masing-masing satker pengguna diatur berdasarkan surat keputusan Menteri Keuangan yang berlaku;
l.           Besarnya pencairan dana PNBP secara keseluruhan tidak boleh melampaui pagu PNBP satker ybs dalam DIPA.
m.       Pertanggungjawaban penggunaan dana UP/TUP PNBP oleh kuasa PA,dilakukan dengan mengajukan SPM setempat cukup dengan melampirkan SPTB.
n.         Khusus perguruan tinggi negeri selaku pengguna PNBP (non BHMN), sisa dana PNBP yang disetorkan pada akhir tahun anggaran ke rekening kas Negara dapat dicairkan kembali maksimal sebesar jumlah yang sama pada awal tahun anggaran berikutnya mendahului diterimanya DIPA dan  merupakan bagian dari target PNBP yang tercantum dalam DIPA tahun anggaran berikutnya.
o.         Sisa dana PNBP dari satker pengguna diluar butir I, yang disetorkan ke rekening kas Negara pada akhir tahun anggaran merupakan bagian realisasi penerimaan PNBP tahun  anggaran berikutnya dan  dapat dipergunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan setelah diterimanya DIPA.
p.         Sisa UP/TUP dana PNBP sampai akhir tahun anggaran yang tidak disetorkan kerekening kas Negara, akan diperhitungkan pada saat pengajuan pencairan danaUP tahun anggaran berikutnya.
q.         Untuk keseragaman dalam pembukuan system akuntansi, maka penyetoranPNBP agar menggunakan formulir SSBP.

















                                                                              
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Model pencairan dana bagi sebuah satker ada 2 jenis, yaitu melalui model uang persediaan dan model langsung (LS) melalui KPPN. Kepada setiap satuan kerja dapat diberikan Uang Persediaan. Uang persediaan dapat diberikan untuk pengeluaran-pengeluaran belanja barang pada klasifikasi belanja 5211, 5212, 5221, 5231, 5241, dan 5811. Besarnya UP yang dapat diberikan Tergantung dari jumlah belanja yang dapat  dimintakan UP. Bendahara Pengeluaran melakukan pengisisan kembali Uang Persediaan setelah Uang Persediaan digunakan (revolving ) sepanjang masih tersedia pagu dana dalam  DIPA.  Pengisian  kembali  UP  dapat  diberikan  apabila  UP  telah dipergunakan sekurang-kurangnya 75% dari dana UP yang diterima.Dalam hal penggunaan UP belum mencapai 75%, sedangkan satker/SKS ybs memerlukan pendanaan melebihi sisa dana yang tersedia, satker/SKS dimaksud dapat mengajukan TUP. Syarat untuk mengajukan Tambahan UP :
1.       Untuk memenuhi kebutuhan yang sangatmendesak/tidak dapat tidak ditunda;
2.       Digunakan paling lama satu bulan sejaktanggal SP2D diterbitkan.
3.        Apabila tidak habis digunakan dalam satubulan sisa dana yang ada pada bendahara, harus disetor ke Rekening kas Negara;
Pembayaran  dengan  menggunakan  model  LS  artinya  pembayaran  melalui transfer  dari  rekening  kas  Negara  ke  rekening  bank  penerima  setelah  memenuhi persyaratan  yg  diharuskan.  Pembayaran  dengan  menggunakan  model  LS  biasa dilakukan untuk:
1.       Pengadaan Tanah
2.       LS untuk pembayaran gaji, lembur dan honor/vakasi
3.       LS non Belanja Pegawai, yaitu :
Pembayaran Pengadaan barang dan jasa,Pembayaran Biaya Langganan Daya dan Jasa (Listrik, Telepon dan Air), dan Pembayaran Belanja Pejalanan Dinas.
Kebenaran pengisian dokumen tanda bukti pengeluaran meliputi kuitansi, Surat Perintah  Kerja (SPK),  Surat  perjanjian/Kontrak,  Berita  Acara  Penyerahan Barang/ Pekerjaan, dan  Berita  Acara  Pembayaran Bendaharawan  pemerintah termasuk bendaharawan Pemerintah  Pusat, Pemerintah  Daerah, instansi atau lembaga pemerintah, lembaga-lembaga Negara lainnya dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di luar negeri yang membayar gaji,upah, tunjangan, honorarium, dan pembayaran lain sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan wajib melakukan pemungutan pajak penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai. Besarnya pajak yang dipungut oleh bendahara sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

44 komentar:

  1. Makasih infonya, untuk info tentang UP lainnya silahkan lihat di artikel ini Cara menghitung UP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. saya mau tanya bung admin...
    Apakah Pembayaran Honor pada Rekening Belanja Pegawai Pada suatu kegiatan (Belanja Langsung) dapat dilakukan dengan LS ke Rekening Bendahara Pengeluaran?... Terima Kasih Sebelumnya.

    BalasHapus
  3. ini ngomongin APBN atau APBN to?
    dari kepala sampai ekor nyinggung KPPN, perbendaharaan, bendahara umum negara. Tapi di awal bab II kok yang dibahas SKPD, kas daerah dan permendagri?

    BalasHapus
  4. @mas edyguard: bener gak nyambung ....:)

    BalasHapus
  5. Salam..
    di satker kami masih ada kegiatan yag akan dilaksanakan terkait dengan keguatan siswa (sebut saja ldks dan latihan pramuka), bisakah dibayarkan ke rekening bendahara melalui ls? uraian spm yang kami ajukan adalah; pembayaran belanja barang sesuai sk no xxxx tanggal xxxx.

    mengingat uang persediaan yg sdh tidak mencukupi dan batas akhir up/tup sdh lewat.

    apakah belanja bahan terkait kegitan yg kami maksud yg jadi penybab tidak bolehnya kegiatan kesiswaan tersebut melalui ls bendahara?

    terima kasih

    BalasHapus
  6. Salam..
    di satker kami masih ada kegiatan yag akan dilaksanakan terkait dengan keguatan siswa (sebut saja ldks dan latihan pramuka), bisakah dibayarkan ke rekening bendahara melalui ls? uraian spm yang kami ajukan adalah; pembayaran belanja barang sesuai sk no xxxx tanggal xxxx.

    mengingat uang persediaan yg sdh tidak mencukupi dan batas akhir up/tup sdh lewat.

    apakah belanja bahan terkait kegitan yg kami maksud yg jadi penybab tidak bolehnya kegiatan kesiswaan tersebut melalui ls bendahara?

    terima kasih

    BalasHapus
  7. waduh...dari APBD kok tiba2 loncat ke APBN?

    BalasHapus
  8. Halo Dear nilai pelanggan,

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA KEMBALI KE KAMI SEKARANG, EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau di tujuan apapun? kami bersertifikat dan sah dan berlisensi internasional pemberi pinjaman kredit Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan Bisnis, perusahaan dan individu pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, Kami akan memproses Anda pinjaman segera setelah kami menerima aplikasi Anda.

    kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami Tawarkan jasa pinjaman dijamin jumlah apapun untuk warga negara dan non-warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman / bisnis komersial, kredit mobil, pembiayaan sewa guna usaha / peralatan, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan non-warga negara dengan baik baik atau buruk sejarah kredit. Jika Anda tertarik dengan tawaran pinjaman di atas kami Anda saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali ke kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan email ini :( bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima Anda rincian aplikasi pinjaman.

    Tujuan kami adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami dan memberi mereka layanan aman PAKET KAMI TERMASUK: * pinjaman rumah * kredit mobil * hipotek pinjaman * pinjaman bisnis * pinjaman internasional * * pinjaman pribadi dan banyak lagi.


    INFORMASI PEMINJAM, jika Anda tertarik mengisi informasi peminjam "s bawah sehingga akan dapat melanjutkan.

    INFORMASI PRIBADI

    Nama lengkap:
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Lamanya:
    Jenis kelamin:
    agama:
    Provinsi / Negara:
    kota:
    Negara:
    Usia:
    Kontak Alamat :
    Pekerjaan:
    Pendapatan bulanan :
    Nomor ponsel :
    email:
    Tujuan Pinjaman:
    Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak}

    Kembali ke saya sekarang

    Salam
    Bishop Elia

    BalasHapus
  9. Halo Dear nilai pelanggan,

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA KEMBALI KE KAMI SEKARANG, EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau di tujuan apapun? kami bersertifikat dan sah dan berlisensi internasional pemberi pinjaman kredit Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan Bisnis, perusahaan dan individu pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, Kami akan memproses Anda pinjaman segera setelah kami menerima aplikasi Anda.

    kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami Tawarkan jasa pinjaman dijamin jumlah apapun untuk warga negara dan non-warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman / bisnis komersial, kredit mobil, pembiayaan sewa guna usaha / peralatan, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan non-warga negara dengan baik baik atau buruk sejarah kredit. Jika Anda tertarik dengan tawaran pinjaman di atas kami Anda saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali ke kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan email ini :( bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima Anda rincian aplikasi pinjaman.

    Tujuan kami adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami dan memberi mereka layanan aman PAKET KAMI TERMASUK: * pinjaman rumah * kredit mobil * hipotek pinjaman * pinjaman bisnis * pinjaman internasional * * pinjaman pribadi dan banyak lagi.


    INFORMASI PEMINJAM, jika Anda tertarik mengisi informasi peminjam "s bawah sehingga akan dapat melanjutkan.

    INFORMASI PRIBADI

    Nama lengkap:
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Lamanya:
    Jenis kelamin:
    agama:
    Provinsi / Negara:
    kota:
    Negara:
    Usia:
    Kontak Alamat :
    Pekerjaan:
    Pendapatan bulanan :
    Nomor ponsel :
    email:
    Tujuan Pinjaman:
    Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak}

    Kembali ke saya sekarang

    Salam
    Bishop Elia

    BalasHapus
  10. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT !!!
    Halo, Nama saya Bishop Elia. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya berkisar dari pribadi untuk pinjaman bisnis. Tingkat bunga saya sangat terjangkau dan proses kredit kami sangat cepat juga. Saya sangat bersedia untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari lagi dan mengajukan pinjaman hari ini. Alamat email saya di bawah ini: (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com)
    Saya berharap untuk melakukan bisnis dengan Anda.
    ==========
    Terima kasih

    Bishop Elia

    BalasHapus
  11. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? cepat dan Anda tidak perlu harus pergi? atau Anda telah telah ditolak oleh bank Anda. Kami menawarkan semua jenis pinjaman sebesar 2%, silahkan hubungi kami di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) dan mengisi rincian di bawah ini

    PINJAMAN FORMULIR.

    * Nama pemohon:
    * Alamat:
    * Kota:
    * Negara:
    * Jenis Kelamin:
    * Status Pernikahan:
    * Pekerjaan:
    * Pendapatan bulanan:
    * Tel:
    * Ponsel:
    * Tujuan pinjaman:
    * Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    * Durasi:
    * Apakah Anda diterapkan sebelum:

    EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com)

    BalasHapus
  12. Kabar baik, Setiap Satu. saya Ibu Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan penipuan jumlah Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman yang diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Ibu CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer pinjaman, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan atas proses transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk memperoleh sertifikat perjanjian lisensi dari jumlah rendah dari mereka untuk transfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam 24 pinjaman tersebut disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com, dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    BalasHapus
  13. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    BalasHapus
  14. Memohon pinjaman convinent anda

    Adakah anda seorang ahli perniagaan atau perempuan? Adakah anda dalam mana-mana tekanan kewangan? Adakah anda memerlukan wang untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda mempunyai pendapatan yang rendah dan sukar untuk mendapatkan pinjaman daripada bank-bank tempatan dan institusi kewangan lain? Jawapan: Di sini, Angela Davids Loan Firm adalah jawapannya. Kami menawarkan;

    * pinjaman peribadi, pengembangan perniagaan.
    * Business Start-up dan pendidikan.
    * penyatuan hutang.
    * Pinjaman Hard Money.

    Walau bagaimanapun, kaedah kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang diperlukan dan juga tempoh yang anda mampu untuk melengkapkan pembayaran balik pinjaman dengan kadar faedah sebanyak 5-7% bergantung kepada pinjaman jenis pf. Ini memberikan peluang yang sebenar untuk mendapatkan wang yang anda perlukan anda. Calon yang berminat perlu menghubungi kami melalui: matildablakeloanfirm@gmail.com atau hubungi perkhidmatan pelanggan kami pada +14158892524

    BalasHapus
  15. Halo Klien,
    RINCIAN PEMINJAM APLIKASI UNTUK PINJAMAN SUKU BUNGA @ 3%. KAMI MEMBANTU INDIVIDU / GROUP BANGUN CARRIERS MEREKA, MEMBANTU MEREKA FINANSIAL UNTUK MEMULAI UP BISNIS DAN MEMBANTU MEREKA MELAYANI UTANG OLEH ZERO DELAY UPON REQUEST DARI TOPIK PINJAMAN.


    1. Nama Of Pemohon dalam Full: ...... ..
    2. Nomor Telepon: ..........
    3. Alamat dan Lokasi: .......
    4. Jumlah dalam permintaan ......... ..
    5. Periode Pembayaran: ......... ..
    6. Tujuan Dari Pinjaman .............
    7. negara .....................
    8. telepon ..................... ..
    9. pendudukan ..................
    10.age / seks .....................
    11.Monthly Pendapatan ............ ..
    12.Email ............... ..

    Salam.
    manajemen
    Email Mohon Hubungi:dasilversoftloaninvestment@gmail.com

    BalasHapus
  16. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  17. Halo;
    Costomers yang terhormat
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita?
    Apakah Anda secara finansial stres atau apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?
    Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?
    Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah dalam bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin langsung dalam waktu 24 jam pengobatan.
    Kontak Email: Halimajamiuloancompany@gmail.com
    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  18. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  19. Good Day,

    DO YOU NEED A LOAN IF YES GET BACK TO US NOW, EMAIL US at (anatiliatextileltd@gmail.com) I want you to know that i am an approved and certified lender with years of experience in lending and i give out loan ranging from $5,000.00 Dollar to $80,000,000.00 USD with a fixed interest of 1% on an annual basis. She received her loan of $50,000.00 from my company.

    I will relish the opportunity of doing business with you and also help to put your financial problems behind you by offering you a loan. You are in the right place and i will want to assure you that you will be glad for knowing a lender like me . If serious and want to take a loan from our company, if you are interested fill the borrower"s information below so that we may commence the processing of your loan.

    BORROWERS INFORMATION,if you are interested fill the borrower"s information below so that will can proceed.

    LOAN INFORMATION NEEDED:

    Name :
    Country :
    Phone number :
    Amount Needed as Loan :
    Purpose of Loan :
    Loan Duration :
    Monthly Income :
    Have you applied for loan online before (yes or no)

    OUR COMPANY CONTACTS :
    Company Email : (anatiliatextileltd@gmail.com)
    Company Email : (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
    Company Motto : Your Happiness is our Award for Good Service (getting your financial stand is all we desire)

    Thanks and do hope to hear from you soonest so that we may send you the loan Terms,Conditions and Repayment Schedule

    Your swift response to this mail will be greatly appreciated.
    All email must be sent to (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
    Best Regards
    Mrs. Magaret Becklas

    BalasHapus
  20. sy mau nanya, pengajuan rekening Belanja Modal diajukan pembayaran menggunakan SPM-LS Bendahara atau uangnya dicairkan melalui rekening bendahara ?

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Bagaiman cara mengajukan pinjaman

    BalasHapus
  23. Kami adalah sebuah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
    bantuan, seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda akan melalui kewangan
    masalah, jika anda mempunyai keadaan huru-hara kewangan dan anda memerlukan dana untuk
    memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau membayar
    bil, memulakan perniagaan yang baik atau anda mendapati sukar
    mendapatkan pinjaman modal dari bank-bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e - mail
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan peluang ini berlalu begitu sahaja,
    Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

    Nama awak: ______________________
    Alamat anda: ____________________
    Negara awak: ____________________
    Tugas anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Tempoh pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nombor telefon: ________________
    Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
    Jika anda telah memfailkan pinjaman sebelumnya, di mana anda dirawat dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan kewangan, keadaan huru-hara, dan cabaran
    hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  24. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  25. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  26. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  27. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  28. Kabar baik!!! Perusahaan pinjaman real

    Nama saya nirma sufitra, hanya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu siapa pun yang membaca ini bahwa ada perusahaan pinjaman yang nyata dan mereka ada di sini untuk membantu, karena saya adalah korban tertipu namun terima kasih kepada Dangote Loan Company, mereka memberikan pinjaman dengan 2% tingkat bunga dan memberi Anda jumlah apapun, jadi hubungi Dangote Loan Company Via email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    atau hubungi saya melalui email nirmasufitra12@gmail.com

    BalasHapus
  29. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  30. Vești bune!
    Numele meu este Gloria Paul, cetățean românesc, locuiesc în STRADA CALAMARESTI, NR: 18, BRAD. Este un oraș din județul Hunedoara din regiunea Transilvania a României. Vreau să folosesc acest mediu pentru a oferi consiliere concretă tuturor cetățenilor români care caută un împrumut pentru a fi atenți, deoarece internetul este plin de fraude, acum câteva luni am avut nevoie urgentă de un împrumut din cauza finanțelor mele Situația nu este atât de bună și am fost disperată, am căzut în mâinile creditorilor falși, din Arabia Saudită și Singapore. Aproape am murit, până când un prieten de-al meu mi-a spus de un creditor foarte fiabil numit Mama. Patricia James, deținătoare a unei organizații de creditare la nivel mondial, Ea este creditor la nivel mondial; pe care l-am contactat și mi-a împrumutat un împrumut de 80.000Lei în mai puțin de 24 de ore cu o rată a dobânzii de 2% și mi-a schimbat viața întregii familii.

    Am primit împrumutul meu în contul meu bancar după mama. Patricia James mi-a transferat împrumutul când mi-am verificat soldul contului meu bancar și am constatat că suma pe care am aplicat-o a fost creditată în contul meu bancar

    Deci, pentru munca bună Mama. Patricia a făcut în viața mea și în familia mea, am decis să spun și să împărtășesc mărturia mea despre Mama. Patricia, așa că oamenii din țara mea și orașul meu pot obține un împrumut ușor fără stres. Deci, dacă aveți nevoie de un împrumut, vă rugăm să contactați mama. Patricia prin e-mail: (patriciajames205@gmail.com)

    De asemenea, puteți să mă contactați la adresa de e-mail :( gloriapaul024@gmail.com). Acum, eu sunt proprietarul mândru de o femeie de afaceri bună și mare în orașul meu, Mai Dumnezeu Atotputernic continuă să-l binecuvânteze pe Mama. Patricia pentru munca ei bună în viața mea și familia mea.

    BalasHapus
  31. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah, yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  32. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    ibu, What'sApp Number +15614916019
    Facebook christabelmissancompany@gmail.com

    BalasHapus
  33. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  34. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  35. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa atas hidup saya dan menggunakan saya untuk bertemu ibu saya yang setia (Christabel Missan Loan Investment Company) untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya , Saya memiliki masalah keuangan dan sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih kepada perusahaan induk yang setia, MRS. PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN MISSAN CHRISTABEL yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk transfer pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis saya baik Terima kasih kepada ibu setia Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda memerlukan pinjaman cepat, saya akan merekomendasikan Anda kepada Miss Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya kepada perusahaan peminjaman yang jujur, lianmeylady@gmail.com

    Silakan mencari tahu apakah Anda ingin Anda masih dapat menghubungi cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor ibu whatsApp 15614916019
    Terima kasih dan alf memberkati.

    BalasHapus
  36. Vreau să vă împărtășesc cu toții aici despre cum îmi obțin împrumutul de la dl Benjamin, care mă ajută cu împrumut de 400.000,00 Euro pentru îmbunătățirea afacerii mele, a fost ușor și rapid atunci când aplic pentru împrumut când lucrurile se înrăutățesc cu afacerea mea dl. Benjamin îmi acordă împrumut fără întârziere. aici este e-mailul domnului Benjamin / contact whatsapp: +1 989-394-3740, lfdsloans@outlook.com.

    BalasHapus
  37. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  38. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  39. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan tidak ada muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  40. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  41. Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this card to all our customers and interested buyers worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000 spending limit in stores and unlimited on POS.
    **WHAT WE OFFER**
    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*.
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*,
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    email blankatmmasterusa@gmail.com
    you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment

    +1(539) 888-2243
    WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    whatsapp only ===>>   +1(539) 888-2243

    BalasHapus
  42. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menghapus Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE PERETAS TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus
  43. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus